Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Indrawana Widjaja
Thursday, 10 January 2013 04:24

Promosi Doktor Program Pascasarjana Ilmu Manajemen

Waktu dan Tempat:

Jumat, 11 Januari 2013

14.00 s/d 16.30 Wib

Auditorium Fakultas Ekonomi

Gd. Dekanat lantai 2

Kampus FE UI Depok

 

Indrawana Widjaja

Manajemen Stratejik (0606032423)

Lulusan ke 157 dari PPIM

 

Judul Disertasi:

“Kajian Empiris Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi, Dukungan Manajemen dan Environmental Scanning terhadap Intrapreneurship dan Kinerja (Studi: Perusahaan Ritel di Indonesia)”


Ketua Sidang:

Jossy Prananta Moeis, Ph.D.

 

Pembimbing:

  1. Dr. Adi Zakaria Afiff
  2. Dr. Setyo Hari Wijanto
  3. Albert Widjaja, Ph.D.

 

Penguji:

  1. Budi W. Soetjipto, DBA
  2. Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D.
  3. Dr. Nurdin Sobari
  4. Sari Wahyuni, Ph.D.
  5. Dr. T. Ezni Balqiah

ABSTRAK

Nama  :   Indrawana Widjaja (0606032423)

Judul : Kajian Empiris Pengaruh Komunikasi, Budaya Organisasi, Dukungan Manajemen, dan Environmental Scanning terhadap Intrapreneurship dan Kinerja. (Studi: Perusahaan Ritel Indonesia)

Penelitian ini mengkaji persepsi manager ritel yang berorientasi intrapreneurship atas pengaruh kualitas komunikasi, budaya organisasi, dukungan manajemen dan environmental scanning terhadap kinerja ritel.

Penelitian ini melibatkan sampel 393 manager gerai pada kelompok usaha PT. ABC Tbk. Yang beroperasi di lima wilayah/kota besar di Indonesia. Metode penelitian melalui survey lapangan, yang selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan SPSS, dan secara analitikal dengan menggunakan perangkat lunak Structural Equation Modeling (SEM) dengan program Lisrel 8.8, untuk pengukuran factor konfirmatori maupun pengujian model structural.

Temuan penelitian menunjukkan: 1) variabel komunikasi tak berpengaruh terhadap kinerja gerai melalui intrapreneurship sebagai variabel intervening; 2) budaya organisasi, dukungan manajemen, dan environmental scanning berpengaruh positif terhadap kinerja gerai melalui penerapan konsep intrapreneurship; 3) intrapreneurship dalam gerai ritel terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja gerai.

Keterbatasan dalam penelitian ini: a) gerai ritel yang diteliti hanya meliputi lima daerah operasional di Indonesia; b) sampel format gerai belum mewakili seluruh format ritel yang ada; c) seluruh responden berasal dari satu kelompok corporate retail yang sama.

Implikasi teoritis pada studi bisnis ritel ini adalah resource based view yang memiliki karakteristik VRIN dan adaptasi kapabilitas terhadap perubahan lingkungan, merupakan sumber keunggulan bersaing berkelanjutan untuk mendukung aktivitas intrapreneurs dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Sedangkan implikasi manajerial meliputi: mere-orientasi kegiatan komunikasi yang memotivasi kreativitas dan inovasi; memperkuat budaya organisasi dalam merespon pada perubahan keinginan konsumen; meningkatkan pengakaran intrapreneurs pada para manager dan karyawan; melakukan scanning lingkungan secara jeli guna meningkatkan kepekaan tergadap ketidakpastian lingkingan bisnis, Intinya, pencermatan pada perubahan lingkungan yang cepat dan adaptasi yang kreatif pada sumber daya internal merupakan landasan bagi pertumbuhan perusahaan ritel.

Kata kunci:

Manajemen Ritel, komunikasi, resorce based view, dynamic capability, intrapreneurship, budaya organisasi, dukungan manajemen, environmental scanning. kinerja gerai.

 

 

 

 

 

 

 

 

Last Updated on Thursday, 10 January 2013 06:21