Sekilas Program Ekstensi FEUI

Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia atau disingkat PE-FEUI menyelenggarakan pendidikan lanjutan S1 di bidang Manajemen dan Akuntansi bagi lulusan Diploma-III, Diploma-IV, Sarjana (S1). PE-FEUI berdiri sejak 1956 dengan perintis Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo. Pada awal berdirinya, PE-FEUI hanya menyelenggarakan satu jurusan saja, yaitu jurusan Manajemen di kampus Sumitro Djojohadikusumo, Universitas Indonesia, Salemba. Sejak tahun 1993, PE-FEUI mulai membuka perkuliahan di kampus Widjojo Nitisastro, Universitas Indonesia, Depok. Pada tahun itu pula dibuka pertama kalinya jurusan Akuntansi. PE-FEUI selalu melakukan perbaikan kurikulum dan silabus sesuai tuntutan pasar dan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era globalisasi. Dukungan pengajar dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis serta fasilitas belajar menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sampai saat ini PE-FEUI telah meluluskan lebih dari 9.000-an alumni yang tersebar di berbagai bidang pekerjaan di seluruh Indonesia.

Program Studi & Kekhususan

PE-FEUI membuka 2 (dua) Program Studi yaitu:

  1. Manajemen
  2. Akuntansi

Program Studi Manajemen menawarkan 4 (empat) kekhususan yaitu:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Operasi
  3. Manajemen SDM dan Organisasi
  4. Manajemen Keuangan

Perkuliahan

Perkuliahan diselenggarakan di kampus Sumitro Djojohadikusumo Salemba dan kampus Widjojo Nitisastro Depok dengan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) yang dilaksanakan malam hari. Program ini dirancang untuk dapat diselesaikan paling cepat pada semester ke-5 (lima).

Persyaratan Umum

  • Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi
  • Calon memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,00 (dari skala 4,00).
  • Calon mahasiswa dengan latar belakang lulusan luar negeri, ijazahnya harus sudah mendapatkan penilaian minimal sama dengan lulusan Sarjana Muda yang telah disahkan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Persyaratan Khusus

  • Calon yang memilih Program Studi Akuntansi disyaratkan berasal dari lulusan D-III Akuntansi, D-IV Akuntansi, STAN atau Sarjana Ekonomi.
  • Calon yang memilih Program Studi Manajemen dapat berasal dari lulusan D-III dan D-IV Manajemen, Perpajakan, Administrasi, FISIP, Keuangan, Akuntansi, STAN serta strata satu berbagai bidang studi / jurusan.

Pendaftaran dan Tes

Open House Ekstensi : 4 Juli 2014

Pendaftaran Online : 16 Juni - 18 Juli 2014

Ujian Seleksi : 10 Agustus 2014

Pengumuman Hasil Ujian Seleksi : 18 Agustus 2014

Pendaftaran secara online di http://penerimaan.ui.ac.id dan pembayarannya dapat dilakukan di:

  1. ATM/Teller Bank BNI
  2. ATM/Internet Banking Bank Permata
  3. ATM Bank CIMB Niaga
  4. ATM Bank Bukopin
  5. ATM Bank BTN
  6. ATM Bank Mandiri

Tes Potensi Akademik (TPA)

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes yang dirancang untuk mengetahui potensi calon mahasiswa dalam hal keluasan wawasan, kejernihan logika, ketepatan berpikir, kecepatan dan ketelitian, serta pengetahuan bahasa. Tes ini mencakup materi pengetahuan umum, logika, dan kemampuan analisa dasar.

Tes Bahasa Inggris

Tes ini dirancang untuk memprediksi kecakapan calon mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

Biaya Pendidikan

Program Studi

BOP per semester*

UP**

Manajemen

Rp. 8.000.000,-

Rp.8.000.000,-

Akuntansi

Rp. 8.000.000,-

Rp.8.000.000,-

* BOP (biaya operasional pendidikan) dibayarkan tiap semester dan dapat berubah sesuai dengan ketentuan Universitas Indonesia

** UP (uang pangkal) hanya dibayarkan satu kali pada awal perkuliahan