Desa Binaan FEUI

Desa Binaan FEUI merupakan suatu program pembangunan masyarakat yang dilaksanakan oleh BEM FE UI dengan target lokasi Kelurahan Rangkepan Jaya, Depok. Program ini telah dilaksanakan oleh BEM FEUI sejak tahun 2010 dengan fokus pada kesehatan. Menginjak tahun ke 2, Desa Binaan FE UI memfokuskan programnya pada kepemudaan dan pendidikan. Wujud dari pelakasanaan program kepemudaan telah dilaksanakan pada tanggal 18,25 dan 26 Juni 2011 lalu berupa pelatihan dan turnamen sepak bola yang diselenggarakan atas kerja sama antara Desa Binaan FEUI dan Departemen Olah Raga BEM FEUI.

Pelatihan Sepak bola diadakan pada tanggal 18 dan 25 juni pada pukul 15.00 yang berlangsung selama 2 jam. Peserta pelatihan sepak bola adalah anak anak yang berusia di Sekolah Dasar di RW 01 Rangkapan Jaya yang mencapai 43 anak. Pelatihan sepak bola ini selain bertujuan untuk mendekatkan ikatan antara masyarakat dengan mahasiswa, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam sepak bola di kawasan tersebut. Pelatihan ini dimulai dengan pemanasan yaitu berlari keliling lapangan dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk pelatihan dribbling, passing, controlling dan shooting yang dibimbing oleh kakak kakak pelatih dari FE UI, kemudian diakhiri dengan pertandingan antar group.

Selain itu, juga diadakan turnamen futsal pada tanggal 25 Juni 2011. Peserta yang mengikuti turnamen ini merupakan perwakilan tim dari RT 01-07 di RW 01 Rangkepan Jaya. Pertandingan turnamaen futsal ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bapak Wahid Basar selaku ketua RW 01 dan Dzulfian Syafrian selaku ketua BEM FE UI 2011. Turnamen pada dasarnya bertujuan untuk mengakrabkan para pemuda di RW 01 sehingga pada akhirnya nanti akan kembali membangkitkan semangat organisasi kepemudaan di Rangkepan Jaya. Turnamen ini pun akhirnya dimenangkan oleh RT 05, RT 03, dan RT 02 yang menempati posisi Juara I, II, dan III.

Masyarakat tampak antusias menyambut serangkaian acara dari Desa Binaan FEUI tersebut. Hal ini terbukti dengan hadirnya setiap perwakilan RT dalam turnamen dan membludaknya para penonton selama turnamen berlangsung. Selain itu, anak-anak pun sangat antusias sehingga mereka mengharapkan program pelatihan sepak bola tersebut diadakan kembali tahun depan.