BIDIK MISI 2013
Monday, 07 January 2013 04:32

Bidik Misi 2013

PEDOMAN TAMBAHAN
BIDIK MISI di UNIVERSITAS INDONESIA
Tahun Akademik 2013/2014

 

A. SASARAN
Lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2012 dan 2013 yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi yang diterima di UI di Program S1 Kelas Reguler, melalui jalur SNMPTN Undangan, SNMPTN Tulis, dan SIMAK.

Program Bidik Misi di Universitas Indonesia bukan merupakan jalur masuk, melainkan bantuan biaya pendidikan yang diberikan maksimal 8 semester.

B. SKEMA BANTUAN
Bantuan yang diterima mahasiswa berupa pembayaran Biaya Pendidikan yang langsung dibayarkan ke UI, sehingga mahasiswa tidak dikenakan Biaya Pendidikan, bantuan biaya hidup sebesar Rp 600.000,- per bulan per mahasiswa, dan bantuan pengembangan diri mahasiswa berupa pelatihan-pelatihan.

C. PERSYARATAN TAMBAHAN
Persyaratan untuk mendaftar program Bidik Misi tahun 2013 dapat dilihat di http://bidikmisi.dikti.go.id. Selain itu untuk mendaftar Program BIDIK MISI UI, siswa harus memenuhi ketentuan tambahan, yaitu:

  1. Bukan perokok aktif;
  2. Bukan pindahan dari program studi lain di UI (pada tahun sebelumnya).

D. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Ikuti di buku pedoman.
  2. Segera setelah mengetahui bahwa calon mahasiswa telah diterima di UI pada Program S1 Kelas Reguler calon mahasiswa yang terdaftar sebagai calon penerima Bidik Misi WAJIB mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan dari UI sebagai proses seleksi penerima Bidik Misi di UI. Berkas kelengkapan tersebut dikirimkan ke alamat yang tertera website pada tanggal yang telah ditentukan.
  3. Pendaftar SIMAK UI yang mengajukan Bidik Misi, mengikuti prosedur berikut:
    • Peserta melalui Kepala Sekolah mendaftarkan diri di website Bidik Misi untuk mendapatkan PIN Bidik Misi
    • Peserta membuat account pendaftaran di http://penerimaan.ui.ac.id
    • Peserta memverifikasi PIN Bidik Misi di account pendaftaran http://penerimaan.ui.ac.id
    • Peserta yang berhasil memverifikasi PIN, memilih program studi dan mengisi form pendaftaran online di account http://penerimaan.ui.ac.id
    • Peserta mengupload foto di account http://penerimaan.ui.ac.id
    • Peserta mendownload kartu ujian sesuai tanggal yang telah ditentukan
    • Pendaftar SIMAK UI yang mengajukan Bidik Misi, hanya dapat memilih S1 Reguler maksimal 3 pilihan program studi

E. SELEKSI
Penetapan penerima bantuan biaya pendidikan Bidik Misi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di UI pada Program S1 Kelas Reguler. Tahapan selanjutnya sebagai berikut:

  1. Penilaian berkas.
  2. Wawancara di UI. Tempat dan waktu wawancara akan diberitahukan kemudian. Lihat Informasi pada saat pendaftaran ulang.
  3. Jika diperlukan panitia seleksi berhak melakukan survey lapangan.

F. PEMBINAAN
Mahasiswa penerima Program BIDIK MISI UI wajib mengikuti pembinaan yang dilakukan di UI. Pembinaan bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan softskill yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan tuntutan kerja di masyarakat.

Last Updated on Monday, 07 January 2013 04:38